Minggu, 22 Desember 2024
Diakses: 498 kali
Paiton, 22 Desember 2024 – Empat mahasiswa Pascasarjana Universitas Nurul Jadid (UNUJA) berhasil mengukir prestasi membanggakan dengan meraih juara dalam Sayembara Nasional Penulisan Artikel Periode II yang diadakan oleh Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan (Abidan). Ajang bergengsi ini melibatkan peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia, menantang kemampuan para akademisi muda dalam menulis artikel ilmiah bertemakan inovasi pendidikan.
Salah satu karya unggulan yang menarik perhatian dewan juri adalah artikel berjudul "AI-Enhanced Learning Experiences: Moving Beyond Traditional Textbook Approaches in Global Education". Artikel ini ditulis oleh (1) Izzatul Munawwaroh, yang berkolaborasi dengan Moses Adeleke Adeoye, dosen dari Faculty of Education, Al-Hikmah University, Nigeria. Karya ini mengusung gagasan revolusioner tentang bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, melampaui batasan pendekatan tradisional berbasis buku teks.
Selain itu, tiga artikel lain dari mahasiswa UNUJA juga mencuri perhatian; (2) Rizkiyah Hasanah dengan artikel "AI-Based Adaptive Learning in Higher Education: Improving Student Engagement and Learning Outcomes", (3) Febriyanti Ghayatul Qushwa dengan artikel "Exploring The Learning Potential Of AI: Realizing Personalized Education In The Digital Age" serta (4) Dinda Febrianti Putri dengan artikel "From Chalkboards to Chatbots: The Rise of AI-Driven Education".
Direktur Pascasarjana UNUJA, Dr. H. Akmal Mundiri, M.Pd, menyampaikan rasa bangga atas pencapaian para mahasiswanya. “Prestasi ini bukan hanya membanggakan UNUJA, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa kita mampu melahirkan generasi akademisi yang siap menjawab tantangan global,” ujar Dr. Akmal. Ia menambahkan, “Kompetisi ini menjadi ajang pembuktian bahwa mahasiswa UNUJA tidak hanya mampu bersaing, tetapi juga unggul dalam menghasilkan karya yang bermanfaat bagi dunia pendidikan.”
Keberhasilan ini memiliki dampak luas, tidak hanya bagi Pascasarjana UNUJA tetapi juga bagi perkembangan pendidikan di tingkat nasional, Meningkatkan Reputasi Akademik: Prestasi ini mempertegas posisi UNUJA sebagai institusi pendidikan tinggi yang mampu bersaing secara nasional dan internasional, Inovasi di Dunia Pendidikan: Artikel-artikel yang dihasilkan mencerminkan upaya UNUJA dalam mempelopori inovasi pendidikan berbasis AI, sejalan dengan kebutuhan zaman digital, Motivasi bagi Generasi Akademisi: Keberhasilan ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya, berinovasi, dan berkontribusi dalam dunia pendidikan serta memperluas Kolaborasi Internasional: Kolaborasi antara mahasiswa UNUJA dengan akademisi dari Nigeria menunjukkan kemampuan institusi untuk menjalin kerja sama lintas negara, memperkuat jejaring pendidikan global.
Dengan keberhasilan ini, UNUJA semakin percaya diri dalam mengembangkan ekosistem pendidikan yang adaptif dan relevan. Artikel-artikel para pemenang tidak hanya menjadi karya ilmiah, tetapi juga solusi nyata untuk mengatasi tantangan pendidikan di era modern.
Prestasi ini menjadi titik terang bagi UNUJA untuk terus mendorong transformasi pendidikan di Indonesia dan membangun nama baiknya di kancah internasional. Selamat untuk para pemenang dan Pascasarjana UNUJA atas dedikasi serta kontribusi yang luar biasa! UNUJA, Maju Bersama untuk Pendidikan yang Lebih Baik!
Jl. PP Nurul Jadid, Dusun Tj. Lor, Karanganyar, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67291
+628883077077