• (0335) 771732
  • 05-12-2022 11:21:30

jl. PP Nurul Jadid, Karanganyar Paiton.

Magister Manajemen Pendidikan Islam

Program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MMPI) merupakan salah satu program studi kependidikan di lingkungan Universitas Nurul Jadid yang diselenggarakan guna memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia seutuhnya dalam bidang kependidikan. Program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Nurul Jadid ini resmi beroperasi berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3183 Tahun 2017.

Kehadiran Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam ini didorong semangat untuk merespon perkembangan IPTEK dan tuntutan kebutuhan masayarakat global yang mempersyaratkan pentingnya manajemen profesional dalam pengelolaan lembaga pendidikan.  Dengan demikian, kehadiran Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam diharapkan menjadi oase dalam mengatasi permasalahan mendasar lembaga pendidikan Islam yang tersisih dan termarginalkan dari mainstrem pendidikan nasional dan dianggap sebagai pendatang baru yang dianggap banyak mengalami masalah dalam hal mutu, menajemen, kurikulum, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Atas dasar hal tersebut, maka perencanaan pengembangan program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Nurul Jadid diarahkan pada; pertama, sebagai pusat keunggulan (center of excellence) pengembangan sumber daya manusia berkualifikasi magister sebagaimana profil lulusan program tsudi Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Nurul Jadid yang dapat mengelola lembaga pendidikan Islam yang bermutu dan berdaya saing baik ditingkat regional maupun nasional. Kedua, sumbangsih pengetahuan hasil pemikiran dan riset di bidang Manajemen Pendidikan Islam. Sehingga dalam  hal ini, program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Nurul Jadid diharapkan menjadi pioner dan peneliti dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam.

Adapun visi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam adalah Menjadi Program Studi Unggul di Tingkat Nasional dalam Melahirkan Lulusan yang Memiliki Integritas Keilmuan dalam Bidang Manajemen Pendidikan Islam Berdasarkan Nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid pada tahun 2022. Berdasarkan visi tersebut, maka untuk mewujudkannya, misi program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam adalah;

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dengan pendekatan student centered dan research based learning Lembaga Pendidikan Islam berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pengembangan keilmuan dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam yang terintegrasi dengan pendidikan dan pembelajaran dan berkonstribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan tata kelola Lembaga Pendidikan Islam berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid.
  3. Menyelenggarakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian dan berbasis pada nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid.
  4. Menyelenggarakan kerjasama kemitraan dengan berbagai instansi baik dalam maupun luar negeri dan masyarakat pengguna lulusan berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid

Rumusan visi dan misi sebagaimana di atas, diikuti dengan perumusan tujuan sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran dengan pendekatan student centered dan research based learning Lembaga Pendidikan Islam berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid.
  2. Terselenggaranya penelitian yang berorientasi pengembangan keilmuan dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam yang terintegrasi dengan pendidikan dan pembelajaran dan berkonstribusi bagi pengembanagn ilmu pengetahuan, teknologidan tata kelola Lembaga Pendidikan Islam berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid.
  3. Terselenggaranya berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian yang berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid.
  4. Terselenggaranya kerjasama kemitraan dengan berbagai instansi baik dalam maupun luar negeri dan masyarakat pengguna lulusan berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pondok Pesantren Nurul Jadid
  5. Terwujudnya sistem tata kelola (good governance) yang berorientasi unggul dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan nilai Trilogi dan Pancakesadaran Pesantren Nurul Jadid.

Agar misi dan tujuan dapat tercapai, maka sasaran Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam ditujukan kepada upaya menghasilkan lulusan Islam yang memiliki beberapa kompetensi sebagai berikut:

  1. Memahami konsep dan prinsip manajemen pendidikan Islam baik sebagai proses maupun sebagai substansi untuk penyelenggaraan sistem pendidikan di berbagai satuan pendidikan, mulai PAUD sampai Perguruan Tinggi, baik pendidikan formal, non-formal, maupun informal.
  2. Memiliki kepribadian yang berintegritas, keagungan akhlak, dan kedalaman spiritual yang berpegang teguh pada ruh al-tadayyun (semangat beragama yang dipahami, didalami, dan diamalkan), ruhul wathaniyah (semangat cinta tanah air), ruh al-ta’addudiyah (semangat menghormati perbedaan), dan ruhul insaniyyah (semangat kemanusiaan).
  3. Memiliki kapasitas profesional dan unggul yang mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen pendidikan dan mampu untuk: (1) Melihat dengan jelas tujuan dan kebutuhan lembaga, menyusun program dan strategi pencapaiannya; (2) Mengendalikan pelaksanaan program kerja secara efisien dan efektif; (3) Mengarahkan, mendorong, dan membina personel dalam rangka pelaksanaan program kerja; (4) Menciptakan iklim dan atau suasana kerja yang kondusif demi keefektivan lembaga dan menerapkan kepemimpinan yang efektif dan relevan; (5) Melakukan evaluasi dan kontrol terhadap keefektivan lembaga dan pelaksanaan program kerjanya; (6) Mampu melaksanakan proses belajar-mengajar dalam bidang manajemen pendidikan, baik pada latar perkuliahan maupun penataran atau latihan.
  4. Memiliki kemampuan untuk bertanggungjawab secara formal dan secara moral atas pelaksanaan fungsi, tugas, dan kewajibannya

© 2018 PDSI | Universitas Nurul Jadid

Bootstrap Theme Made By www.w3layouts.com. Modification By PDSI UNUJA.